Nipindo Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, logistik, properti & konstruksi, perhotelan dan pariwisata, serta bisnis lainnya dengan pengalaman lebih dari 40 tahun.
Nipindo Group bermula dari perusahaan perorangan bernama CV Nutraco yang berdiri pada tahun 1983 di Bandar Lampung dengan konsentrasi bisnis pada bidang Penyewaan Alat-alat Berat dan pekerjaan Pembukaan Lahan.
Pada tahun 1991, perusahaan berkembang menjadi Perseroan Terbatas dan mengembangkan bisnisnya ke Kontraktor Pekerjaan Sipil pada proyek-proyek pemerintah serta swasta yang meliputi pekerjaan galian, timbunan, pembukaan lahan, serta pembangunan gudang, jalan, jembatan, dan irigasi di daerah Lampung, Jambi, dan Palembang.
Pada tahun 2000, perusahaan memindahkan kantor utama ke Jakarta dengan tujuan mengembangkan pasar dan memperkenalkan PT Nipindo Prima Mesin sebagai perusahaan yang berkonsentrasi bisnis pada pekerjaan Pembukaan Lahan, Penyewaan Alat-alat Berat, Pengiriman Alat-alat Berat, dan Pekerjaan sipil. Perusahaan terus berkembang menjadi Kontraktor Agro (sipil mekanikal dan elektrikal) dalam pembangunan pabrik sawit serta menjadi Kontraktor Tambang Batubara di daerah Kalimantan.
Seiring dengan pertumbuhan dan perluasan bisnis perusahaan, pada tahun 2008 nama PT Nipindo Prima Mesin mengalami pembaruan menjadi PT Nipindo Primatama. Langkah ini bertujuan untuk membentuk perusahaan induk yang dapat mencakup semua sektor usaha dalam kelompok "Nipindo Group". Bisnis yang dijalankan terus mengalami pengembangan pada bidang pekerjaan Operator Pelabuhan Tambang dan Perhotelan.
Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dan semakin berkembangnya perusahaan, kini Nipindo Group mempunyai 15 anak perusahaan atau afilias yang bergerak pada bidang Pertambangan Batubara dan Pertambangan Andesit, Operator Pelabuhan Batubara, Transportasi Alat Berat, Properti, Konstruksi, dan Perhotelan dengan total karyawan lebih dari 1.000 orang.
Dalam mencapai visi dan misi perusahaan, budaya perusahaan diterapkan untuk mencapai hasil unggul yang membentuk perilaku dan sikap karyawan agar memiliki kepemimpinan dan etos kerja yang baik.
Untuk mendukung kelancaran operasional, jaringan kemitraan yang solid dan berkelanjutan telah dibangun dengan berbagai pemangku kepentingan yang relevan bagi perusahaan.
Sesuai dengan misi perusahaan, pendekatan dalam perbaikan berkelanjutan di seluruh aspek perusahaan dengan berupaya mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan efektivitas kerja, kualitas produk/jasa, serta biaya yang efisien.
Selalu mengukur efektivitas penggunaan sumberdaya bersama dalam perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanan unggulan.
Konsep berpikir dan bertindak bagi masing-masing individu dalam pelayanan jasa yang dihasilkan adalah: jujur, terbuka, dan dapat dipercaya.
Menerapkan konsep Human Capital Management meliputi: membimbing, mendukung, menyejahterakan, dan mengembangkan karyawan.
Setiap individu berupaya secara kolektif menyelesaikan pekerjaannya dengan sempurna, berusaha memberikan pelayanan terbaik yang melebihi harapan mitra dan pelanggan.
Memberikan kesempatan dan kewenangan sesuai kapasitas serta jabatannya masing-masing untuk menjadi pemimpin di bidangnya dengan menciptakan rasa kepemilikan dan rasa tanggung jawab. Filosofi inilah yang telah mendorong terbentuknya budaya perusahaan dan mencetak individu-individu yang dapat membaca peluang-peluang melalui sinergi faktor dan faktor internal yang disesuaikan dengan kebutuhan yang relevan bagi pemangku kepentingan perusahaan.